NGeBlogg Bareng Tedi Soepriyadi

Tempatnya Untuk Sharing Ilmu _ Selamat Membaca & Jangan Lupa Follow my Blogg di bawah !!
Home » » Penulisan Surat Lamaran Kerja dan Penulisan Resume

Penulisan Surat Lamaran Kerja dan Penulisan Resume

Written By Unknown on Senin, 08 Desember 2014 | 06.09



BAB I
PENDAHULUAN


Dalam makalah ini akan dibahas bagaimana menyusun surat lamaran kerja (application letters) yang baik. Istilah surat lamaran kerja bagi banyak pihak bukanlah hal yang baru, apalagi bagi para lulusan perguruan tinggi yang ingin memasuki dunia kerja.
            Surat lamaran kerja adalah surat yang digunakan oleh seseorang untuk melamar kerja pada suatu organisasi/lembaga yang membutuhkan karyawan atau pemimpin pada suatu bidang tertentu. Pada umumnya ketika melamar kerja, sesorang harus menulis surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan sebuah resume (daftar riwayat hidup). Dalam surat lamaran, dijelaskan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh pelamar kerja yang cocok atau sesuai dengan posisi/jabatan yang ditawarkan, atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pelamar kerja hanya mengemukakan poin-poin penting yang relevan dengan persyaratan pekerjaan yang ditawarkan.













BAB II
PENJELASAN

PENULISAN SURAT LAMARAN KERJA

2.1. Pendekatan AIDA
Pendekatan yang dapat digunakan dalam membuat surat lamaran kerja adalah pendekatan Attention, Interest, Desire and Action-AIDA. Penjelasan lebih rinci tentang pendekatan AIDA tersebut akan dijelaskan berikutnya.
Sebagaimana penulisan resume, penulisan surat lamaran kerja juga perlu menggunakan pendekatan Attention, Interest, Desire and Action-AIDA untuk menggugah atau menarik perhatian pembaca. Pendekatan AIDA in lebih menekankan pada sisi sikap pelamar kerja dan apa manfaat yang didapat oleh pembaca.
Secara lebih rinci, pendekatan AIDA adalah sebagai berikut.
a.      Attention                                                                                                       Prinsip pertama dalam penulisan surat lamaran kerja adalah attention (perhatian). Artinya, pelamar kerja harus dapat meyakinkan pihak organisasi/lembaga pencari kerja (pembaca) bahwa pelamar kerja memiliki sesuatu yang bermanfaat atau dapat menumbuhakan rasa tertarik bagi pembaca. Jelaskan ide/gagasan yang membuat pembaca antusias untuk menyimak apa yang anda tuliskan. Pembaca tentunya bertanya-tanya tentang manfaat yang dapat ia peroleh. Pelamar kerja dapat juga mengemukakan tentang bagaimana ia mendapatkan informasi lowongan kerja dan alas an mengapa ia tertarik pada posisi/jabatan tersebut.
b.      Interest                                                                                                                      Prinsip kedua dalam peulisan surat lamaran kerja adalah interest (minat). Artinya, pelamar kerja harus dapat menarik perhatian pembaca dengan menjelaskan relevansi pesan0pesan yang disampaikan. Dalam hal ini, pelamar kerja perlu menjelaskan dan menegaskan bahwa kualifikasi yang dibutuhkan tersebut relevan dengan kemampuan yang dimiliki dan ia yakin mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.
c.       Desire                                                                                                                                    Prinsip ketiga dalam penulisan surat lamaran kerja adalah desire (hasrat). Artinya, pelamar kerja harus dapat menumbuhakan hasrat pembaca untuk mengetahui lebih jauh apa yang sudah dituliskan dalam surat tersebut. Pelamar kerja juga dapat meyakinkan embaca melalui bukti-bukti pendukung yang relevan dengan posisi yang dikehendaki.
d.      Action                                                                                                                        Prinsip keempat dalam penulisan surat lamaran kerja adalah action (tindakan). Artinya, pelamar kerja harus dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengambil suatu tindakan tertentu berkaitan dengan harapan/keinginannya dalam menulis surat tersebut. Salah satu tindakan tertentu yang dapat dilakukan oleh pembaca adalah memberi kesempatan untuk melakukan wawancara kerja (job interview).
2.2. Pengorganisasian Surat Lamaran Kerja
Penulisan Surat lamaran kerja yang baik perlu memperhatikan kaidah-kaidah baku dalam penulisan surat lamaran kerja. Artinya, seorang pelamar kerja harus memahami dan mempersiapkan dengan sebaik-baiknya apa saja yang perlu dituliskan dalam surat lamaran kerja serta bagaimana pengorganisasian penulisannya. Hal ini memiliki arti penting baik bagi pelamar kerja maupun bagian evaluasi lembaga atau organisasi penerima kerja.
Secara umum, pengorganisasian penulisan surat lamaran kerja memiliki tiga bagian utama, yaitu paragraph pembuka,pertengahan, dan penutup. Masing-masing dapat dijelaskan lebih rinci berikut ini.



1)      Paragraf pembuka
Surat lamaran kerja sebagaimana bentuk surat-surat bisnis yang lain, harus dibuat sebaik mungkin dan menarik perhatian (attention) bagi pembacanya. Surat lamaran kerja harus menyatakan secara jelas pelamar kerja sedang melamar suatu pekerjaan, sehingga ia perlu juga mengidentifikasi jenis pekerjaan yang diminati.
Surat lamaran kerja yang baik, yang menarik perhatian pembacanya, perlu mencantumkan hal-hal berikut:
a.         Rangkuman
Pada bagian awal surat lamaran kerja, pelamar perlu mengemukakan kualifikasi yang dimiliki, yang paling relevan dengan jabatan yang diinginkan dan jelaskan bahwa kualifikasi tersebut akan menguntungkan/memberikan manfaat bagi perusahaan atau lemabag yang dilamar.
b.        Nama
Pelamar kerja dapat menyebutkan nama seseorang yang sudah dikenal oleh pembaca (yang menawarkan kerja) atau seseorang yang menyarankan pelamar kerja untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau lemabag tersebut. Meskipun demikian, pemenuhan terhadap kualifikasi yang dibutuhkan tetap menjadi penilaian yang pertama dan utama.Pada umumnya, pola ini digunakan ketika lowongan/kesempatan kerja tersebut hanya digunakan untuk kepentingan internal organisasi tersebut, miasalnya jumlah karyawan yang dibutuhkan hanya satu orang, maka pola rekrutmennya cenderung tertutup, bukan terbuka.
c.         Sumber Publikasi
Sebutkan dari mana pelamar kerja mendapat informasi tentang adanya lowongan kerja di perusahaan tersebut. Sumber informasi ini antara lain surat kabar, majalah, radio (sebutkan nama surat kabar/majalah dan tanggal penerbitan, atau nama radio dan tanggal diumumkan). Dalam surat lamaran jelaskan secara singkat bahwa pelamar kerja memenuhi persyaratan yang dikehendaki oleh perusahaan.
d.        Pertanyaan
Gunakan kalimat tanya pada awal paragraph untuk menarik perhatian pembaca yang menunjukkan bahwa pelamar kerja mengetahui problem, kebutuhan, dan tujuan suatu organisasi serta mempunyai keinginan untuk membantu memecahkan masalah tersebut. Jadi, hal itu akan memberikan manfaat bagi pembaca.
e.         Cuplikan berita
Pelamar kerja dapat mengambil cuplikan berita di surat kabar atau majalah yang menyebutkan bahwa suatu perusahaan sedang merencanakan tenaga operator, dan sebagainya.
2)      Paragraf Pertengahan
Setelah menarik perhatian pembaca pada awal para paragraf, pelamar kerja perlu menyajikan kualifikasi yang dimilikinya untuk mengisi suatu pekerjaan yang diinginkannya, dalam suatu ruangan yang disingkat (mungkin tidak boleh lebih dari tiga paragraf) pelamar kerja tidak boleh mengulang apa yang sudah dinyatakan dalam resume. USahakan penjelasan dalam paragraph tersebut benar-benar sangat diminati(interest) dan sangat diharapkan (desire) oleh pembaca.
Dalam paragraf pertengahan ini pelamar kerja perlu mendiskusikan kualifikasi yang dimiliki dari sudut pandang pembaca (employer) yang mecakup:
a.      Pendidikan
Kebanyakan para lulusan suatu perguruan tinggi mempertimbangkan pendidikan sebagai kualifikasi yang paling penting. Jika demikian, mereka harus menempatkan pendidikan pada bagain yang pertama, baik pada surat lamaran kerja maupun pada resume. Pada bagian pendidikan ini, pelamar kerja akan dapat:
·         Menunjukkan bahwa ia mempunyai latar belakang dalam dunia bisnis yang cukup luas dan bdiang tertentu secara mendalam.
·         Menunjukkan bagaimana pendidikannya relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.
·         Menjelaskan bagaimana dan mengapa ia menambahkan bidang studi pilihan penting di luar bidang studi inti.
b.        Pengalaman Kerja
Bagaimana jenis pekerjaan yang pernah dilakukan, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar, dapat digunakan untuk membantu memperkuat kualifikasi yang dimilikinya.Dalam hal ini, pelamar kerja perlu menyatakan secara jelas berbagai fungsi atau kegiatan yang dapat dilakukan. Atas dasar itu, pelamar kerja akan dapat menunjukkan kepada pembaca bahwa:
·         Pelamar kerja memperoleh suatu pengalaman yang dapat membantu mempercepat penyelesaian tugas/pekerjaan baru.
·         Pelamar kerja akan dapat melaukan adaptasi dan mencoba bekerja sama dengan lingkungan.
·         Peamar kerja dapat memikul tanggung jawab suatu pekerjaan dengan lebih baik.
·         Pelamar kerja adalah orang yang mampu bekerja keras.
c.       Sikap, Minat, Aktivitas dan Kualitas
selain latar belakang pendidikan da pengalaman kerja, pelamar kerja dapat menambahkan berbagai informasi tambahan yang dapat mendukung pekerjaan yang dilamar. Pelamar kerja dapat menjelaskan tentang kemampuannya  daam melakukan kerja sama  dengan orang lain, sikap pelamar kerja terhadap bidang pekerjaan, perusahaan, suasana kerja, dan kualitas personal  (kegiatan ekstrakuaralikuler dan sejenisnya).

3)      Paragraf Penutup
Paragraf terakhir dari surat lamaran kerja pada umumnya berisi suatu harapan tindakan (action) sebagaimana yang terdapat pada surat-surat penjualan. Pelamar kerja dengan menyatakan keingnannya untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang telah disediakan oleh organsasi perusahaan atau lembaga yang dlamar.
Untuk mempermudah pihak perusahaan menghubunginya, pelamar kerja perlu memberikan alamat yang jelas dan lengkap, termasuk nomor telepon, faxi mile (kalo ada).Alamat email (bila ada), dan jam berapa pelamar kerja dapat dihubungi, pagi, siang atau malam hari.Untuk beberapa perusahaan barangkali pelamar kerja, perlu melampirkan amplop plus prangko baasannya.Namun ada balasan.











            Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa dilihat dari cara pengorganisasiannya, surat lamaran kerja memiliki kesamaan dengan surat penjualan yang sama-sama menggunakan cara-cara persuasi.
Hal ini dapat dilihat pada table 13.1
            Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, pada peraga 13.1 kalimat table dan kalimat 13.2 disajikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang lowongannya diiklankan disurat kabar dan berdasarkan informasi dari seseorang yang memiliki asks informasi dari perusahaan  atau lembaga yang dilamar
Surat Penjualan
Surat Lamaran Kerja
Mecari perhatian
Mencari perhatian
Perkenalan produk
Perkenalkan kualifikasi
Berikan bukti
Berikan buti
Dorong suatu tindakan
Dorong suatu tindakan/aksi















Surakarta, 7 Januari 2011
Yth Manajer Personalia
PO Box 67126
Jakarta

Dengan Hormat

Iklan bapak diJuwita pos tgl 1 januari 2011 menarik perhatian saya, kaena saya memiiki kualifiasi yang disyaratkan untuk menduduki posisi sekretris. Disamping memiliki kemampuan berbahas inggris, baik secara lisan atau tulisan, saya juga mampu mengoprasikan sistem computer yang bapak gunakan saat ini.

Saya berusia 20tahun, belum menikah, dan memiliki kesehatan yang sangat baik. Saya lulusan akademiknya sekretaris prima juwita Surakarta dengan index prestasi 3,8. Disamping itu, saya baru saja menyelesaikan kursus computer yang diselenggarakan oleh LPK Nusantara. Saya mengikuti kursus computer untuk mempercepat tugas-tugas menulis surat dan laporan-laporan bisnis. Loka karaya tentang penulisan surat dan laporan-laporan bisnis yang diselenggarakan oleh Beta Prima grup telah memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi penyelesaian tugas.

Hasil pelatihan tersebut telah dapat membantu saya dalam menyelesaikan beragai tugas secara efisien seperti surat penjualan, surat penawaran, surat jual beli, dan laporan keuangan.

Pada saat ini, saya adalah sekretaris pada PT Adiguna dengan pengalaman dan prestasi 2 tahun. Saya sedang mencari kesempatan kerja yang lebih menantang untuk memperluas wawasan dan pengalaman sebagaimana yang bapak tawarkan.

Saya sangat gembira, jika bapak berkenan mempertimbangkan prestasi dan kualiikasi saya. Panggilan untuk wawancara dengan bapak, sungguh sangat saya harapkan.

hormat saya,

Nurhidayati

Lampiran: Resume



















Surakarta, 10 Januari 2011
Yth. Manaher Peronalia
PT Dipayudha
Jalan Ir.Sutami 105
Surakarta 57126

Dengan hormat,
Ketika Bapak Sasmita Hadi Broto, Dvisi Produksi PT Dipayudha, berbincang-bincang dengan saya, beliau menyatakan bahwa Bapak sedang mencari seseorang sarjana ekonomi jurusan menejemen untuk menduduki posisi staf pemasaran. Atas dasar informasi tersebut, saya memiliki kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan yang Bapak kehendaki. Lagi pula,selama satu tahun saya telah melakukan program pelatihan pemasaran pada Juwita Marketing Training Center di Surakarta.
Saya berusia 25 tahun, bujangan dan memiliki kesehatan yang prima.Berbagai mata kuliah bidang bisnis yang saya peroleh selama studi dan pelatihan pemasaran telah memberikan bekal yang sangat berharga bagi saya dalam melakukan analisis pasar, segmentasipasar dan strategi peluang bisnis. Di samping itu, keterampilan komputer yang saya peroleh selama 6 bulan padaJuwita Computer Center di Surakarta akan sangat membantu menyelesaikan tugas-tugas pada perusahaan Bapak.
Saya menyertakan referensi Dr. Muhammad Ridho, direktur Juwita Marketing Training Center, dan yang lainnya dalam resume untuk memberi informasi mengenai karakter dan kemampuan saya.
Saya berharap sudilah kiranya Bapak berkenan memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara sesuai dengan waktu yang tersedia.
Hormat saya

Rifai Hidayat
Lampiran : Resume


2.3. Tips untuk Pelamar Kerja
Satu hal yang tak boleh dilupakan oleh pelamar kerja adalah bahwa pelamar kerja sebenarnya sedang “menjual potensi diri” kepada perusahaan secara tertulis baik mencakup kepribadian,kualifikasi, pelatihan yang pernah diikuti,pengalaman kerja  dan hobi. Oleh karena itu, surat lamaran kerja dapat juga dikatakan sebagai surat penjualan. Sebagai surat penjualanpaling tidak surat tersebut harus mudah dipahami, jelas, ringkas, tepat atau sesuai dengan pekerjaan dan rapi dalam penampilan.

Yang Perlu Anda Perhatikan
Pelamar kerja harus mempunyai kualifikasi atau pengalaman kerja untuk posisi pekerjaan yang dikehendaki.
·      Bangkitkan pembaca, bukan dari sudut pandangn penulis.
·      Tekankan hal-hal yang membedakan dengan pelamar lainnya.
·      minat terhadap kualifikasi yang dimiliki.
·      Tunjukan hal-hal yang positif.
·      Usahakan surat lamaran kerja rapi, bersih dan menarik.
·      Tulislah surat dari sudut pandang
Yang Harus Anda Hindari
·      Jangan melamar pekerjaan di luar kemampuan anda.
·      Jangan mengiriman surat lamaran kerja hasil fotokopi
·      Jangan mengataan bahwa anda menerima jenis pekerjaan apa saja.
·      Hindari kata-kata yang berlebihan
·      Jangan meminta belas kasihan terhadap perusahaan yang dilamar.
·      Hindari untuk mempermasalahkan gaji, kecuali ketika ditanyakan pada saat wawancara kerja.
·      Jangan memberi komentar langsung tentang karakter pribadi.
PENULISAN RESUME


Istilah resume atau riwayat hidup memang bukan sesuatu yang baru bagi mereka yang telah memasuki gerbang dunia kerja, Karena resume merupakan salah satu prasyarat yang sangat penting pada saat memasuki dunia kerja. Dalam makalah ini akan dibahas secara rinci tentang hal-hal yan resume, reg berkaitan dengan pembuatan resume, antara lain tentang cara mempersiapkacana pengorganisasian, dan masalah-masalah yang muncul dalam penulisan resume.
2.4. Persiapan Penulisan Resume
Istilah resume atau daftar riwayat hidup memang bukan sesuatu yang baru lagi mereka yang telah memasuki pintu gerbang dunia kerja, karena resume merupakan salah satu prasyarat yang sangat penting pada saat memasuki dunia kerja. Dalam bab ini akan dibahas secara rinci tentang hal-hal yang berkaitan dengan pembuatan resume, antara lain tentang cara mempersiapkan resume, rencana pengorganisasian, dan masalah – masalah yang muncul dalam penulisan resume.
Dalam dunia bisnis, istilah resume sering juga disebut dengan CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup. Menurut KC Bay, resume sebenarnya merupakan presentasi penjualan format diri Anda yang sangat penting. Hal ini mengingat bahwa di dalam resume tercakup semua fakta yang relevan mengenai latar belakang, kualifikasi, pengalaman kerja dan sebagainya yang disususn dalam suatu format yang teratur, mudah dipahami dan menarik perhatian pembacanya.
Secara umum, resume adalah suatu daftar dokumen yang berisis kualifikasi dan jalur karier Anda yang di sususn secara teratur, rapi, dan menarik perhatian pembaca. Melalui resume ini diharapkan pimpinan suatu organisisis/perusahaan sudah dapat mengetahui kemampuan anda, walaupun belum pernah bertemu secara langsung dengan anda. Oleh karena itu, resume yang anda buat harus dibuat sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pembaca.
Dalam mempersiapkan resume, ada tiga hal yang harus dilakukan yaitu:
1)      Mencari informasi penting
Sebelum membuat resume, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mencari berbagai informasi penting yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda inginkan. Anda dapat melakukan analisis diri (self analysis), analisis karier (career analysis), dan analisis pekerjaan (job analysis).
a.      Analisis diri
Analisis diri ini akan dapat membantu anda dalam mengenal diri sendiri secara lebih mendalam. Termasuk semua kelebihan dan kekurangannya.  Untuk mempermudah menentukan siapa anda , Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut:
·           Apakah saya mempunyai aspirasi yang cukup tinggi?
·           Apakah saya dapat berkomunikasi dengan baik?
·           Apakah saya orang yang sangat bergantung kepada oranglain?
·           Apakah saya orang yang energik?
·           Apakah saya orang yang mempunyai percaya diri?
·           Apakah saya mempunyai kecerdasan kunatitatif yang tinggi?
·           Apakah saya mempunyai kecerdasan verbal yang tinggi?
·           Apakah saya mempunyai kecerdasan yang tinggi dalam pemecahan suatu masalah?
·           Berapa indeks prestasi saya secara keseluruhan?
·           Apa mata kuliah yang paling baik bagi saya?
·           Apa mata kuliah yang paling sulit bagi saya?
·           Apa kegiatan organisasi yang saya minati?

b.      Analisis Karier
Sebagaimana dalam melakukan analisis diri, anda perlu juga membuat dan menjawab segala macam pertanyaan yang berkaitan dengan karier anda di masa depan. Oleh karena itu, cobalah anda menggali sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan karier yang akan anda pilih. Contohnya adalah sebagai berikut.
·         Kecerdasan mana (kuantitatif, verbal, mekanik) yang paling bermanfaat bagi karier saya?
·         Apakah ada efek sampig yang membahayakan kesehatan?
·         Apakah prestasi akademis menjadi syarat bagi penjenjangan karier?
·         Apakah pengalaman kerja menjadi syarat bagi penjenjangan karier?
·         Apakah ada imbalan selain yang berbentuk financial?
·         Apakah bidang pekerjaan sangatdipengaruhi oleh perkembangan teknologi?
·         Apakah di masa mendatang, bidang yang saya pilih mempunyai tingkat persaingan yang tinggi?
c.        Analisis Pekerjaan
Secara umum, para lulusan suatu perguruan tinggi sedikit atau belum memiliki pengalaman kerja.Pada tahap-tahap awal memasuki kerja, perusahaan telah menyediakan suatu program orientasi atau pelatihan kepada mereka yang baru diterima sebagai karyawan suatu perusahaan. Oleh karena itu, sebelum menyusun suatu resume, anda perlu menjawab pertanyaan berikut:
·         Apa tugas dan tanggung jawab pekerjaan?
·         Apakah karakteristik pribadi saya sesuai untuk tugas dan tanggung jawab pekerjaan?
·         Apakah pengalaman saya berkaitan dengan tugas dan tanggug jawab pekerjaan?
2)      Perencanaan Resume
Tujuan anda membuat resume adalah agar anda dapat melakukan wawancara dengan tm dari organisasi (perusahaan) yang anda lamar. Resume yang ada buat merupakan rincian atau pelengkap terhadap surat lamaran kerja yang telah anda buat.
            Dalam merencanakan resume ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
a.      Tujuan Karier
Apabila anda perhatikan iklan lowongan kerja di suatu surat kabar atau majalah, akan nampak secara jelas beberapa posisi pekerjaan yang dibutuhkan oleh para pencari kerja. ada iklan lowongan kerja yang menggunakan bahasa Inggris, tetapi masih banyak yang menggunakan bahasa Indonesia, yang semua itu sangat bergantung pada status dan lingkup perusahaan tersebut. Anda harus memutuskan posisi apa yang anda minati atau yang akan menjadi tujuan karier anda, misalnya posisi manajer sumber daya manusia, manajer pemasaran, manajer produksi/operasi, manajer pemeliharaan, manajer keuangan, supervisor penjualan, sekretaris, operator, dan sebagainya.

b.      Informasi Pribadi
Data pribadi yang tercantum dalam resume adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, dan jenis kelamin. Anda mungkin dapat menambahkan data lain yang berkaitan erat dengan jenis pekerjaan yang dipilih. Beberapa lowongan kerja mensyaratkan bahwa calon pegawainya belum menikah, memiliki kendaraan sendiri, mempunyai tinggi badan dan berat badan tertentu, memiliki kemampuan berbahasa asing baik pasif atau aktif, terampil menggunakan komputer, terampil berkomunikasi baik lisan atau tulisan, dan sejenisnya. Anda harus memperhatikan syarat-syarat pekerjaan dan karakteristik pribadi sebelum mengajukan lamaran dan membuat resume.
c.       Referensi
Beberapa referensi mungkin perlu dilampirkan di dalam resume. Referensi adalah orang-orang tertentu yang akan memberikan surat rekomendasi kepada anda, yang berisi tentang berbagai hal yang mereka ketahui semasa mereka mengenal anda. Orang-orang yang memberikan referensi akan menambah kredibilitas pencari referensi. Oleh karena itu, orang-orang yang memberikan referensi tersebut perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, faksimile, atau e-mail (electronic mail). Orang tua, saudara kandung, dan teman dekat anda tidak dapat dijadikan sebagai bahan referensi. Yang layak menjadi referensi antara lain adalah dosen yang pernah mengajar anda semasa kuliah atau manajer tempat anda pernah bekerja. Salah satu keuntungan menggunakan referensi dalam resume ini adalah untuk meyakinkan kepada organisasi atau perusahaan pencari kerja tentang prestasi dan kemampuan positif anda.
3)      Pembuatan Resume
Resume dapat dibuat dalam berbagai bentuk. Resume yang baik, menekankan pada kompatibilitas kualifikasi anda dan prospektif persyaratan kerja. Secara umum, resume mencakup: nama, alamat lengkap, tujuan kerja, kualifikasi, informasi pribadi, dan referensi.
Pada bagian tujuan kerja, anda harus menyatakan secara jelas apa tujuan anda membuat resume tersebut. Sebagai contoh, anda ingin mengisi lowongan kerja bidang manajer pemasaran, manajer keuangan, manajer operasi, teknisi komputer, wiraniaga produk tertentu, sekretaris, supervisor, dan sejenisnya.
Adapun yang termasuk dalam informasi pribadi (personal) antara lain: pendidikan (nyatakan pendidikan tertinggi, kemudian yang lebih rendah, dan sebagainya plus tanggal memulai dan lulusnya), berbagai keterampilan (bahasa asing, komputer, desain, dan sebagainya), hobi (musik, olah raga, seni), penghargaan (juara lomba matematika, lomba ilmiah, dan sebagainya), keanggotaan asosiasi (semasa kuliah maupun di masyarakat umum). Usahakan informasi tersebut relevan dengan jenis pekerjaan yang anda harapkan.Jadi, tidak berarti semua kemampuan atau keahlian yang anda miliki perlu dcatumkan dalam resemu, tetapi informasi yang dapat mendukung pekerjaan anda tersebut.
Pada bagian referensi, carilah orang-orang yang mengetahui dengan baik mengenai kemampuan anda atau prestasi yang pernah anda raih baik semasa kuliah maupun semasa anda bekerja.

2.5. Rencana Pengorganisasian
Berdasarkan cara pengorganisasiannya, resume dapat dikelompokan menjadi tiga jenis resume, yaitu resume kronologis (chronological resume), resume fungsional (functional resume), dan resume kombnasi (combination resume).
Resume Kronologis adalah cara pengorganisasian resume yang didasarkan pada kronologisnya, yaitu pendidikan dan pengalaman sebagai judul isinya. Mana yang harus didahulukan, pendidikan atau pengalaman?Putuskan mana yang lebih memberikan kesan positif bagi pencari kerja.Informasi terkini sebaiknya ditempatkan pada urutan pertama, lalu diikuti berikutnya, misalnya penulisan jenjang pendidikan dimulai dari jenjang pendidikan tertinggi. Bentuk resume ini merupakan bentuk resume tradisional.
Resume Fungsional adalah resume yang disusun atas dasar fungsi-fungsi dalam organisasi yang dapat dilakukannya dengan baik. Resume fungsional memerlukan suatu analisis diri, karier, dan pekerjaan secara lebih lengkap. Beberapa fungsi penting dalam suatu organisasi seperti fungsi pemasaran, keuangan, akuntansi, produksi, sumber daya manusia, penganggaran, komunikasi, hubungan masyarakat, dan sejenisnya dapat dijadikan sebagai judul tersendiri dalam resume.
Adapun Resume Kombinasi  adalah kombinasi antara resume kronologis dan fungsiional. Bentuk resume kombinasi tersebut memberikan suatu keyakinan bahwa persyaratan pendidikan dan pengalaman terpenuhi dan masih menggunakan judul-judul lain yang lebih menekankan pada kualifikasi yang dibutuhkan (resume fungsional).
Untuk membuat resume yang baik, perlu diperhatikan empat hal yaitu: kerapian (neatness), sederhana (simplicity), akurat (acuracy), kejujuran (honesty). Dalam menulis resume, usahakan menggunakan kertas yang bersih dan berkualitas yang baik, jangan ada coret-coretan, dan ketiklah dengan memilih huruf yang baik. Aturlah format resume seerapi mungkin, enak dibaca dan berisi. Disamping kerapian, bahasa yang anda gunakan hendaknya jelas, sederhana, tidak bertele-tele.Lagi pula, informasi yang anda sajikan haruslah informasi yang akurat.Yang lebih penting lagi adalah bahwa informasi yang anda sajikan adalah benar, tidak menada-adakan. Dengan kata lain, berikan informasi sejujurnya. Apabila anda ternyata ketahuan memberikan informasi secara tidak jujur, kerugianlah yang akan anda dapatkan.
Resume dapat disajikan dalam berbagai macam cara. Sebagaimana anda ketahui, ada tiga cara pengorganisasian resme, yaitu kronologis, fungsional, dan kombinasi. Masing-masing contohnya dapat anda lihat pada Peraga 14.1 -14.3.
           










Peraga 14.1

RESUME MUHAMMAD RIFAI
Alamat: Jalan ………
Kota, Provinsi, Kode Pos
Nomor Telepon

Tujuan Profesional            ………………………………………………………………………………………………………………
                                    ………………………………………………………………………………………………………………
                                    ………………………………………………………………………………………………………………

PENDIDIKAN
Nama Universitas        ………………………kota, provinsi, bulan, tahun …. – bulan, tahun……………….
Fakultas                       ………………………………………………………………………….......................................
Jurusan                        ……………………………………………………………………………………………………………….
Program Studi             ……………………………………………………………………………………………………………….
L/P                              ……………………………………………………………………………………………………………….
Lulusan                       ……………………………………………………………………………………………………………….

PENGALAMAN KERJA
Sekretaris                    ……………………………………………………………………………………………………………….
Tanggung Jawab            ……………………………………………………………………………………………………………….
Asisten Dosen             ……………………………………………………………………………………………………………….
Supervisor                   ……………………………………………………………………………………………………………….
Mata Kuliah                ……………………………………………………………………………………………………………….
Tangung Jawab            ……………………………………………………………………………………………………………….



AKTIVITAS
Kampus                       ………………………………………………………………………………………………………………..
Masyarakat                  ………………………………………………………………………….........................................
                                    …………………………………………………………………………………………………………………

KEAHLIAN DAN HOBI
Keahlian                      Relevan dan Tujuan ……………………………………………………...............................
Hobi                            Relevan dan Tujuan ……………………………………………………...............................

REFERANSI
Tersedia Pusat Informasi
Nama, Alamat Jelas









Peraga 14.2
Nama ………………………….
Alamat ………………………..
Kota, Provinsi, Kode Pos
Nomor  Telepon

TUJUAN
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………...
Kualifikasi Utama
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………..
PEKERJAAN
Okt. 2005 – 2010                                                                                                     Nama lembaga, (kota, provinsi)
Juli 2000 – 2005                                                                                                       Nama lembaga, (kota, provinsi)
Funsional Pengalaman Kerja :
Manajemen Umum                ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Perencanaa Laba                    …………………………………………………………………………………………
Manajemen Internasional    …………………………………………………………………………………………   ………………………………………………………………………………………….
Staf Manajemen                    ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
PENDIDIKAN
Lulusan tertinggi, nama PT, kapan lulus, kota, provinsi                           ………………………………………………………
Lulusan yang lebih rendah, nama PT, kapan lulus, kota, provinsi ……………………………………………………….

DATA PRIBADI
Hobbi, kesehatan, keahlian yang relevan dengan tujuan,   ……………………………………………………………………….
REFERENSI TERSEDIA BILA DIMINTA
















Peraga 14.3
DANY SATRIA
Alamat rumah: jalan …….
Kota, Propinsi, Kode Pos
Nomor Telepon

Tujuan Karier
Data Pribadi
Pendidikan Manajemen ……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
Pengalaman Manajerial ……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
Keterampilan Komunikasi …………………………………………………………………….............
 ……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
Keterampilan Komputer ……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………
Referensi dapat diperoleh langsung pada Pusat Informasi Kerja “Juwita”,Kentingan Rt 04 Rw 10 Jebres Surakarta Telepon (0271) 547812
Resume kombinasi
            Dalam bagian pembuka resume dapat menggunakan berbagai macam judul seperti resume, ikhtisar riwayat hidup, daftar riwayat hidup, resume Muhammad Rifai Hidayat dengan alamat lengkap. Judul yang dipilih paling tidak mencakup nama dan alamat Anda secara lengkap sehingga memudahkan pimpinan perusahaan organisasi yang Anda kirim dengan mudah dapat menghubungi Anda.
            Pada bagian tujuan karier, Anda dapat menyatakan tujuan secara umum maupun khusus seperti contoh berikut ini.
Tujuan umum:
Contoh:
1.      Memasuki/mengisi posisi pada level penjualan, pemasaran, keuangan, produksi, dsb.
2.      Mengisi lowongan kerja untuk posisi staf akuntan.
3.      Resepsionis
Tujuan Khusus:
Contoh:
1.      Mengisi posisi staf penjualan untuk membantu organisasi manajemen bisnis ritel.
2.      Mengisi posisi staf akuntan di kantor akuntan publik, selanjutnya memasuki posisi supervisor.
3.      Resepsionis di perusahaan Hotel Mitra Nusantara.
Kualifikasi dasar dapat dinyatakan baik sebelum atau sesudah tujuan pekerjaan/karier.
Kualifikasi penting yang dapt Anda tawarkan untuk suatu pekerjaan tertentu mencakup pendidikan dan pengalaman kerja.
·         Enam tahun menangani pengembangan sumber daya manusia pada perusahaan terkemuka (sebutkan nama perusahaan) dengan pendidikan tertinggi, fakultas, jurusan, dan program studi apa. Integritas tinggi dan dapat bekerja sama dengan orang lain.
·         Asosiasi dalam bisnis, jurusan/konsentrasi pada masalah transportasi; selama 4,5 tahun berpengalaman di bagian kargo dan departemen pengiriman.
·         Tingkat sarjana muda jurusan/konsentrasi manajemen personalia, dengan penekanan pada psikologi, sosiologi, dan bisnis. Selama 4 tahun berpengalaman bekerja lepas (part-time) dengan orang lain.
·         Cantumkan penghargaan, beasiswa, atau prestasi terbaik yang pernah Anda peroleh dan relevan dengan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar.

Data pribadi dapat mencakup nama lengkap, tempat/tanggal lahir,berbagai keterampilan (skills), kesehatan, tinggi badan, berat badan, hoobi, jenis SIM yang dimiliki, dan jenis kendaraan yang Anda miliki. Namun perlu diingat bahwa Anda harus mencantumkan informasi/data yang penting dan relevan dengan jenis pekerjaan yang Anda kehendaki.Apabila jenis pekerjaan yang Anda kehendaki adalah sopir taksi, maka jenis SIM yang Anda miliki perlu Anda cantumkan.Di samping itu, keterampilan mengemudi maupun pemahaman Anda terhadap kendaraan perlu Anda cantumkan juga.
Mengenai referensi, pilihlah tiga orang yang memiliki reputasi baik, lebih baik orang yang sudah dikenal oleh perusahaan/organisasi yang Anda lamar. Apabila Anda pernah bekerja pada suatu perusahaan. Anda dapat meminta surat rekomendasi dari manajer perusahaan tersebut..di samping itu, Anda dapat juga menerima surat rekomendasi dari staf pengajar/dosen di suatu perguruan tinggi temapt Anda pernah kuliah. Anda harus meminta surat kepada orang-orang tertentu yang akan memberikan nilai plus bagi kemampuan yang Anda memiliki. Jangan lupa, cantumkan nama dan alamat lengkap termasuk nomor telepon atau faksimile orang-orang yang menjadi referensi dalam resume Anda.

Masalah dalam Membuat Resume
Saat membuat resume, Anda harus berpikir dengan pola piker pembaca Anda, dalam hal ini perusahaan pencari kerja. Apa yang dibutuhkan oleh perusahaan pencari kerja haruslah dijadikan dasar acuan dalam membuat resume.
·         Resume yang dibuat terlalu panjang, sehingga berkesan tidak tegas dan kemungkinan besar memasukan data yang tidak relevan sehingga tidak akan mencapai sasaran.
·         Resume yang ditulis terlalu singkat, sehingga tidak memberikan informasi/data yang cukup bagi pembaca untuk melakukan penelaahan lebih dalam.
·         Format penulisan resume kurang baik, inden tidak konsisten, kurang memperhatikan tanda baca  dan sejenisnya, sehingga isi resume sulit dimengerti.
·         Terlalu banyak menggunakan kalimat yang bersifat kompleks. Alangkah baiknya kalau kalimat yang digunakannya bersifat sederhana atau simpel.
·         Resume mengandung banyak kesalahan ketik/tulis dan yang lebih fatal lagi kesalahan penyusunan kalimat.
·         Pelamar tidak dapat menunjukkan secara tegas dalam resume tujuan pekerjaan yang dikehendaki, posisi, dan bidang pekerjaan apa yang diminati/diinginkan.
·         Pelamar menampakkan keyakinan yang berlebihan (overconfidence) sehingga mungkin pembaca akan ragu-ragu terhadap resume yang dibuat, apakah data dalam resume memang realistis atau tidak.
·         Ada pelamar yang tidak jujur saat mencantumkan data dalam resume. Sebagai contoh, ia menyatakan mampu mengaplikasikan berbagai program computer, tetapi setelah diuji ternyata hasilnya sangat mengecewakan.           
Berbagai masalah dalam pembuatan resume membuat Anda harus berhati-hati ketika membuat resume.

BAB III
KESIMPULAN


1.      Surat lamaran kerja merupakan pintu gerbang pelamar kerja memasuki dunia bisnis. Oleh karena itu, pelamar kerja dapat menggunakan pendekatan Attention, Interest, Desire, and Action-AIDA dalam membuat surat lamaran kerja.
2.      Secara garis besar surat lamaran kerja mencakup tiga hal, yaitu paragraph pembuka, paragraph pertengahan, dan paragraph penutup. Paragraph pembuka lebih menekankan bagaimana pelamar kerja dapat menarik perhatian pembaca melalui suatu pernyataan rangkuman, nama person, sumber publikasi, pertanyaan, dan cuplikan berita. Paragraph pertengahan merupakan penjelasan terhadap apa yang di minati dan sangat di harapkan oleh pembaca seperti kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, berbagai minat, dan aktivitas. Dalam surat lamaran kerja, paragraph penutup mencakup suatu tindakan yaitu untuk wawancara.
3.      Suatu resume merupakan laporan factual terhadap kualifikasi pelamar. Dalam resume pelamar harus menekankan poin-poin penting pelamar.
4.      ersiapan resume melip









DAFTAR PUSTAKA


Purwanto, Djoko. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2011.
Share this article :

1 komentar:

Perhatian!
Dilarang memberikan komentar SPAM, komentarlah yang postiv dan sesuai berita yang anda baca saat ini
Terima Kasih

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger