NGeBlogg Bareng Tedi Soepriyadi

Tempatnya Untuk Sharing Ilmu _ Selamat Membaca & Jangan Lupa Follow my Blogg di bawah !!
Home » , » Makalah Penghantar Sistem Informasi Tentang Hardware

Makalah Penghantar Sistem Informasi Tentang Hardware

Written By Unknown on Jumat, 21 Maret 2014 | 03.55



PENGANTAR SISTEM INFORMASI
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas  mata kuliah Penghantar Sistem Informasi






                       Kelompok 5 :
Tedi Supriyadi                      134020273
Tharina Hernanda                 134020274
Dwi Indah Mardika               134020275
Agam Ananda William         134020300

13 AK F




FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS PASUNDAN
Jl. Tamansari No. 6 -8 Bandung Tlp. (022) 4233646, (022) 4208363














Kata  Pengantar


Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan hidayahnya Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan tugas yang bapak Dosen berikan yaitu materi tentang Hardware (Perangkat Keras).

Dalam penyusunan tugas ini, kami tidak terlepas dari bimbingan, arahan, dan dukungan dari berbagai pihak, khususnya bpk. Asep Wahyudin sebagai dosen mata kuliah Pengantar Sistem Informasi, karena atas bimbingan, arahan, dan dukungannya kami dapat menyelesaikan tugas dengan baik. 

Untuk itu kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepadapihak yang telah membantu sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Semoga kebaikan yang telah di curahkan memperoleh ganjaran dari Allah SWT. 

Dalam penulisan makalah ini tidak luput dari kekurangan, oleh karena itu kami meminta kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Amiin Yaa Robbal Alamiin.










Bandung, 19 Maret 2014



















ISI




KOMPUTER berasal dari bahasa latin yaitu computare (menghitung) atau dalam bahasa inggris yakni to computer yang pada awalnya ditujukan pada orang yang menghitung dan setelah itu ditujukan kepada sebuah alat hitung mekanis
Komputer merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengelola data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori,serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Definisi menurut para ahli:
#FUORI
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia
#ELIASM.AWAD
Komputer adalah alat hitung yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital) dan data kontinyu (analog).
#WILLIAMS,SAWYER
Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan.
Fungsi Komputer
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
1.         Menerima Input
2.         Memproses input tadi sesuai dengan programnya.
3.         Menyimpan perintah perintah dan hasil pengolahan
4.         Menyediakan output dalam bentuk informasi

GENERASI KOMPUTER
     Generasi 1 : Pada tahun 1946-1956
Generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanan hanya +/- 2000 byte dan untuk melakukan progam dan pencetakan yg di lakukan secara manual.
     Generasi ke 2 : Pada tahun 1957-1963
Transistor menggantikan kedudukan vacum tube dalam melakukan proses informasi transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsumsikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan 32kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.
     Generasi ke 3: Pada tahun 1964-1975
Integrated circuit (IC) sudah mulai di gunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta per detik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah di gunakan.
     Generasi 4 : Pada tahun 1980
Komputer telah menggunakan “very large-scale interlagted circuits” (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprosesor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah per detik.

     Generasi Kelima : Sekarang – Masa depan
      Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.

TYPE KOMPUTER
Jenis komputer dapat dibagi menjadi 3 kategori sesuai dengan sifat elektronik, jenis komputer diklasifikasikan menurut bagaimana fungsi komputer tertentu :

1. Supercomputers
             Komputer ini merupakan komputer paling bertenaga. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa prosesor sekaligus untuk menjalankan tugasnya. Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya.

2. Komputer Mainframes (Macrocomputers)

         Mainframe dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat. 

3.  Minicomputers
             Komputer mainframe sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Untuk membuat komputasi lebih tersedia, dibuat jenis komputer yang lebih kecil dari mainframe yang disebut dengan minicomputer, yang dikembangkan sejak tahun 60-an. Komputer jenis ini digunakan lebih luas daripada mainframe, karena alasan untuk mendapatkan yang tidak lebih mahal dari mainframe, tapi lebih mudah dalam pengoperasian dan pemeliharaan. Sekarang ini istilah minicomputer disamakan dengan server, karena peran utamanya adalah mengkoordinasi suatu jaringan komputer.

4. Komputer Analog 
  Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
 5. Komputer Digital 
Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.


6. Komputer Hybrid 
Komputer ini merupakan yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

MIKROPROSESOR adalah singkatan dari prosesor biasa juga disebut CPU (central processing unit). Komponen ini merupakan sebuah cip. Cip (chip atau IC/Integrated circuit) adalah sekeping silikon berukuran beberapa milimeter persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektronik lain.
Fungsi Mikroprosesor
       Fungsi utama Mikroprosesor  adalah sebagai unit yang mengendalikan seluruh kerja sistem mikroprosesor. Beberapa fungsi lain mikroprosesor anatara lain :
       Mengambil instruksi dan data dari memori.
       Memindahkan data dari dan ke memori.
       Mengirim sinyal kendali dan melayani sinyal interupsi.
       Menyediakan perwaktuan untuk siklus kerja sistem mikroprosesor.
       Mengerjakan fungsi-fungsi operasi logika dan aritmetika.
Mikroprosesor terdiri dari rangkaian digital, pengolah logika aritmatika, rangkaian sekuensial berupa ;
       ALU ( Aritmatic Logic Unit )
       CU ( Control Unit )
       Register
1.    Arithmatic Logic Unit ( ALU )
ALU adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR.
2.    Control Unit ( CU )
Control Unit adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.
   
Tugas dari CU adalah sebagai berikut:
       Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
       Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
       Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
       Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika                                                       serta mengawasi kerja.
       Menyimpan hasil proses ke memori utama
3.    Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

PRIMARY STORAGE
Primary Storage merupakan memori terpasang utuh dalam “MainBoard PC” sebagai kelengkapan CPU yang dapat dibaca (di “acces”) dengan cepat oleh CPU untuk menyimpan program/data yang sedang dijalankan oleh program.
Ada 2 jenis memori utama, yaitu:
1.      RAM (Random Access Memory) merupakan memori utama yang selain dapat diakses juga dapat diisi/direkam data/program kedalamnya, memori ini bersifat “volatile” artinya hanya bekerja menyimpan data pada saat ada energi listrik.
2.      ROM (Read Only Memory) merupakan memori yang datanya hanya dapat dibaca, dimana data dan program didalamnya sudah diisi sebelumnya oleh pabrik, memori ini bersifat “non volatile” artinya walaupun tidak ada energi listrik tetap mampu bekerja untuk menyimpan data dan program.


MEMORY SEKUNDER
       Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika                                                       serta mengawasi.
       Memory sekunder dipergunakan untuk menyimpan data , informasi dan program secara permanensebagai berkas atau file, contoh memory sekunder adalah floppy disk, hard disk, zipdrive, CD Rom, DVD, dll.
       Sebagian besar memory sekunder saat ini menggunakan piringan/cakram/disc yang beroperasi dilakukan dengan perputaran dari cakram tersebut, satu putaran disebut RPM (Rotation Per Minute).
       Memory sekunder memiliki alat untuk membaca dan menulis , alat untuk membaca dan menulis pada harcd disc disebut HEAD sedangkan pada floppy disk disebut SIDE.
       Setiap piringan dalam disc memiliki 2 sisi head/side, yaitun sisi 0 dan sisi 1 , head/side dibagi menjadi sejumlah lingkaran konsentrik yang disebut track, kumpulan track yang sama dari sebuah head yang ada disaebut cylinder.
       Pada suatu track dibagi menjadi daerah2 lebih kecil yang disebut sector.
       Berkas yang disimpan dalam memory sekunder dapat berinteraksi dengan peralatan input/output dengan perantara suatu unit pengolah (prosessor)
       Hubungan antara berkas dan unit input/output ditunjukan oleh penjelasan berikut ini.

Karakteristik Memory Sekunder:
1.      Sifat penyimpanan yang tetap (persistent), sehingga media penyimpanan sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama (sentral prosessing unit/CPU) dan memory utama (main memory) dan dihubungkan oleh kabel / bus ke unit pengolah (prosessor) dan memory utama (main memory)
2.      Kemampuan untuk digunakan secara bersama sama ( Shareability), kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program.


PERALATAN INPUT ( PERALATAN MASUKAN )
Peralatan Masukan (Input Device) adalah segala peralatan yg dapat digunakan untuk memasukan data kedalam komputer. Data yang dimaksudkan disini dapat berupa teks, gambar, suara, dan bahkan video. Pada saat ini yang tergolong sebagai peranti masukan cukup banyak , dari keyboard sampai pengenal suara
Berbagai Peralatan Masukan:
·      Keyboard (papan ketik) adalah peranti masukan yang lazim digunakan untuk memasukan data ke komputer, umumnya berbentuk kotak.
·      Mouse adalah peranti yang sering diterjemahkan menjadi tikus, merupakan jenis peranti masukan yang umum dipakai pada komputer yg mendukung sistem berbasis grafis (misal Windows) Peranti ini memiliki dua atau tiga tombol untuk melakukan suatu tindakan tertentu dan bola untuk mengatur lokasi penunjuk (kursor) dalam layar.
·      Touch Screen ( Layar Sentuh ) adalah suatu jenis layar yang secara khusus dirancang untuk memungkinkan pemakai memilih tindakan tertentu pada aplikasi dengan cara menyentuh layar dengan ujung jari.
·      Joystick biasa digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game) , prinsipnya sama dengan mouse.
·      Kamera ini membuat foto yang selanjutnya ditransfer ke komputer, dan bisa dilakukan untuk mengamati keadaan suatu ruangan secara terus menerus  (CCTV).


PERALATAN OUTPUT ( PERALATAN KELUARAN )
Peralatan Keluaran (Output Device) adalah peralatan yang digunakan untuk menyajikan hasil pemrosesan komputer.
Berbagai Peralatan Keluaran:
·      Monitor merupakan peralatan keluaran yang umum digunakan, pada prinsipnya monitor adalah layar video atau sering kali disebut dengan istilah VDU (Video Display Unit).
Teknologi yang lazim digunakan dalam monitor adalah CRT (Cathodray Tube) yang menggunakan tabung elektronik, pixel pada layar dibentuk karena permukaan layar berpendar akibat dari tembakan senjata elektron. Teknologi yang lebih baru memungkinkan CRT ditiadakan sehingga ukuran monitor bisa lebih tipis menghadirkan layar yang datar, Monitor seperti ini dibuat dengan memakai LCD (Liquid Crystal Display), teknik ini juga yang diterapkan pada layar laptop atau note book. Pada prakteknya, kualitas keluaran pada monitor dipengaruhi oleh kartu adapter grafik, warna, resolusi, ukuran, & juga faktor kerdip.
Kartu adapter grafik adalah kartu yg menghubungkan monitor dengan komputer, kualitas kartu ini menentukan jumlah piksel dan warna pada monitor, sekali[pun monitor nya bagus kalau kartu adapter grafik mempunyai kemam puan rendah, maka penampakannya tidak bagus  
Monitor yang mendukung satu warna hanya tampil dua kemungkinan disebut dengan momochrome. Sedangkan monitor yang berwarna umumnya mendukung hingga berjutam juta warna. Istilah resolusi bisa dijumpai pada monitor, resolusi adalah jumlah pixel dalam layar, contoh resolusi 1024 x 768 berarti bahwa monitor mengandung 1.024  baries dan 768 kolom, jumlah pixel yang menyususn monitor tersebut adalah 1.024 x 768 buah, semakin tinggi resolusinya semakin bagus kualitas tampilan pada monitor.
Teknologi monitor juga memunculkan dua istilah , yakni INTERLACED MONITOR & NONINTERLACED MONITOR.
1.       INTERLACED MONITOR adalah jenis monitor yang menampilkan informasi dalam layar melalui dua tahapan.
2.       NONINTERLACED MONITOR hanya menggunakan satu tahapan , efek dari interlaced monitor adalah kerdip yang dapat melelahkan dan tetntu saja mempengaruhi kualitas penyajian informasi.

·      Printer merupakan peralatan yang berfungsi untuk mencetak keluaran komputer (dalam bentuk hardcopy). Printer dibedakan menjadi :
1.      Impact Printer.
    Impact Printer Merupakan jenis printer yang bekerja seperti mesin ketik konvensional, cetakan pada kertas diperoleh karena terdapat pukulan pada suatu media (Karbon atau pita) ke kertas. Yang termasuk dalam kategori ini :
       - Dot Matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum).
- Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter karakter).
       - Line Printer (printer yang mencetak satu baris perwaktu).
       Ciri khas impact printer :Pelan, berisik, kualitas cetakan gambar tidak bagus.

2.      Non Impact Printer.
     Non Impact Printer merupakan printer yang tidak bekerja dengan pukulan, termasuk dalam kategori ini adalah laser printer, thermal printer dan ink-jet printer.
-          Laser Printer adalah printer yang bekerja atas dasar sinar laser, hasilnya berkualitas tinggi, baik untuk teks maupun gambar.
-          Thermal Printer  adalah printer yg bekerja atas dasar panas pada kertas khusus yang peka terhadap panas.
-          Ink-Jet Printer atau terkadang disebut buble-jet printer adalah yang bekerja atas dasar semburan tinta dalam ukuran titik2 yang sangat kecil ke kertas.

·      Plotter merupakan peralatan yang dilengkapi dengan sejumlah pena berwarna yang dapat digunakan untuk membuat gambar berkualitas tinggi.

·      Keluaran Suara untuk menyajikan keluaran berupa suara umumnya diperlukan peranti berupa speaker. Dalam hal ini speaker yang digunakan dapat berupa speaker internal atau eksternal.
1.      Speaker Internal, biasa terdapat pada PC.
2.      Speaker Eksternal, dihubungkan ke PC melalui kartu suara (sound Card).
Keluaran dalam bentuk suara biasa disajikan pada aplikasi multimedia, dengan bantuan perangkat lunak teks ke suara , teks dimungkinkan untuk dinyatakan menjadi suara yang kemudian dikirim ke speaker eksternal.


UNIT TAMBAHAN (PERIPHERAL)
Peripheral  yaitu perangkat input/output yang merupakan bagian dan pendukung  sistem. Seperti: printer,modem,scanner atau termasuk juga kamera digiital. Disebut peripheral karena sifatnya sama dengan istilah peripheral dalam kedokteran yang mengacu kepada bagian tubuh luar,seperti tangan & kaki
Ada berbagai jenis Peripheral dengan berbagai tugasnya antara lain :
Peripheral yang mendukung pengoperasian kompter terdiri dari perangkat input & perangkat output.
1.    Peripheral Input
Perangkat Input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data atau perintah ke   dalam komputer, perangkat tersebut antara lain :
     -      Keyboard
     -      Mouse
     -      Scanner
     -      Digitizer
     -      Kamera Digital
     -      Mic
     -      Dll
2.  Peripheral Output
Perangkat Output adalah peralatan yang kita gunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut adalah :
Perangkat tersebut antara lain :
     -      Monitor
     -      Printer
     -      LCD Proyektor
     -      Plotter
     -      Speaker
     -      Dll








 


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian!
Dilarang memberikan komentar SPAM, komentarlah yang postiv dan sesuai berita yang anda baca saat ini
Terima Kasih

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger