NGeBlogg Bareng Tedi Soepriyadi

Tempatnya Untuk Sharing Ilmu _ Selamat Membaca & Jangan Lupa Follow my Blogg di bawah !!
Home » » ANALISIS TRANSAKSI

ANALISIS TRANSAKSI

Written By Unknown on Sabtu, 22 Februari 2014 | 20.02



ANALISIS TRANSAKSI


 Kenaikan dan penurunan pada setiap pos laporan keuangan ditunjukkan dalam sebuah akun.
·      Besarnya kenaikan / penurunan dari berbagai akun dalam laporan keuangan dan penyebabnya harus diselidiki lebih jauh untuk mengetahui apakah operasi perusahaan masih dapat ditingkatkan efisiensinya.
·      Kumpulan akun dalam entitas usaha disebut buku besar (ledger). Kumpulan akun dalam buku besar disebut sebagai daftar akun atau bagan akun (chart of accounts).
·      Karakteristik akun sederhana:
1.    Setiap akun mempunyai judul (nama transaksi yang akan dicatat dalam akun).
2.    Setiap akun mempunyai ruang untuk mencatat peningkatan jumlah pos/item bersangkutan.
3.    Setiap akun mempunyai ruang untuk mencatat penurunan jumlah pos/item bersangkutan.
·      Akun T (T account) :
Judul
Sisi kiri
(Debit)
Sisi kanan
(Kredit)
·      Journal : catatan, Journalizing (penjurnalan) : proses pencatatan transaksi, Journal Entry (ayat jurnal) : bentuk pencatatan transaksi.
·      Arus Transaksi Bisnis:
1.    Transaksi diotorisasi.
2.    Transaksi terjadi.
3.    Dokumen bisnis disiapkan.
4.    Ayat jurnal dicatat di jurnal.
5.    Ayat jurnal diposting ke buku besar.
·      Konsep materialitas (materiality concept) menyatakan bahwa kesalahan dapat ditangani dengan cara yang paling mudah.
·      Kesalahan yang tidak menyebabkan perbedaan jumlah dalam neraca saldo, seperti:
1.    Transaksi yang tidak tercatat atau tidak diposting.
2.    Pencatatan jumlah yang sama disisi debit dan kredit tetapi salah.
3.    Pencatatan transaksi yang sama lebih dari satu kali.
4.    Posting transaksi secara benar sebagai debit dan kredit, tetapi ke akun yang salah.
·      Kesalahan-kesalahan dalam akun dapat ditemukan dengan berbagai cara: (1) melalui prosedur audit, (2) secara tidak sengaja, (3) dengan memeriksa neraca saldo.
·      Kesalahan-kesalahan yang menyebabkan ketidakseimbangan neraca saldo:
1.    Kesalahan penyiapan neraca saldo : (a) kesalahan penjumlahan kolom, (b) kesalahan dalam mencatat angka-angka ke neraca saldo, (c) saldo dimasukkan ke kolom yang salah/lupa dicatat.
2.    Kesalahan saldo akun : (a) kesalahan menghitung saldo, (b) saldo dimasukkan ke kolom akun yang salah.
3.    Kesalahan posting : (a) jumlah yang dimasukkan ke suatu akun salah, (b) debit diposting sebagai kredit atau sebaliknya, (c) posting debit atau kredit terlupakan.
·      Transposisi (transposition) terjadi bila urutan digit dalam angka ayat jurnal berubah secara tidak sengaja, misalnya $542 menjadi $452 atau $524. Slide terjadi jika terjadi kesalahan penempatan jumlah, misalnya $542,00 diposting sebagai $54,20 atau $5.420,00. Jika kesalahan seperti ini terjadi dan tidak ada kesalahan lain, maka selisih antara debit dengan kredit akan habis dibagi 9.
·      Prosedur untuk mengoreksi kesalahan:
Kesalahan
Prosedur Koreksi
1.    Ayat jurnal tidak benar tetapi tidak diposting.

2.    Ayat jurnal sudah benar tetapi diposting secara keliru.
3.    Ayat jurnal tidak benar dan sudah diposting.
Coret kesalahan tersebut dan cantumkan judul atau jumlah yang benar.
Coret kesalahan tersebut dan lakukan posting yang benar.
Buat dan posting jurnal koreksi.
·      Analisis horizontal (horizontal analysis) digunakan untuk membandingkan laporan keuangan dari periode yang berbeda atau suatu akun laporan keuangan tahun berjalan dibandingkan dengan akun yang sama pada periode sebelumnya.

·      BAGAN PERKIRAAN (Chart Of Account) / klasifikasi akun :
1.    ASSETS (harta/aktiva) yaitu sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, dapat berbentuk fisik atau hak yang mempunyai nilai ekonomis.
o  Berdasarkan bentuk assets terdiri dari:
a.    Tangible Assets (nyata): Current Assets dan Fixed Assets.
b.    Intangible Assets (tidak nyata): Goodwill, copy right, dll.
o  Berdasarkan umur manfaat assets terdiri dari:
a.    Current Assets (aset lancar) adalah kas dan aset lainnya yang diharapkan akan dikonversi menjadi kas / dijual / dipakai habis dalam 1 tahun atau kurang (kurang dari 1 tahun/periode singkat) dalam operasi bisnis yang normal. Contoh: Cash, Account Receivable, Notes Receivables (wesel tagih), Supplies, Prepaid Expense, MI, dll.
Ø Wesel Tagih (Notes Receivable) adalah utang para pelanggan yang didukung dengan janji tertulis untuk membayar jumlah tersebut & mungkin disertai dengan bunga pada tanggal yg diperjanjikan.
Ø Piutang Usaha (Account Receivable) adalah utang pelanggan tetapi kurang formal bila dibandingkan dengan promes atau wesel dan tidak memperhitungkan bunga. Piutang usaha biasanya timbul dari penyediaan jasa atau penjualan barang secara kredit.
b.    Fixed Assets / plant assets (aset tetap) yaitu sumber daya fisik yang dimiliki serta digunakan oleh bisnis dan bersifat permanen atau tahan lama (lebih dari 1 tahun) namun dapat terjadi penyusutan (Depreciation Expense) yaitu berkurangnya kemampuan untuk menghasilkan manfaat. Aset tetap adalah jenis beban yang ditangguhkan jangka panjang. Contoh aset tetap: Land (tanah), Building (gedung), Machinery (mesin), Equipment (peralatan).
2.    LIABILITIES (kewajiban) yaitu utang kepada pihak luar (kreditor).
a.    Current Liabilities (lancar/jangka pendek) adalah kewajiban yang akan jatuh tempo dalam periode yang singkat (biasanya 1 tahun atau kurang) dan yang harus dibayar dengan menggunakan aset lancar. Terdiri dari: Account Payable, Notes Payable (wesel bayar), Salaries Payable, Tax Payable, Unearned Revenue.
b.    Long term Liabilities (jangka panjang) adalah kewajiban yang akan jatuh tempo dalam waktu yang lama (lebih dari 1 tahun). Terdiri dari: Morgtage Payable (hipotik), Bank Loan (pinjaman Bank), dll. Jika aset dijaminkan sebagai agunan atas kewajiban, maka kewajiban ini disebut sebagai Wesel Bayar yang Dihipotekkan (Mortgage Note Payable atau Mortgage Payable).
Misal:  A meminjam uang ke Bank dengan tempo 5 tahun. Yang 4 tahun dicatat di long term   liabilities dan 1 tahun lagi dicatat di current liabilities.
3.    CAPITAL / EQUITY (modal) yaitu hak pemilik terhadap aset bisnis.
a.    Perusahaan Perorangan :
o  Owner’s equity (modal sendiri) : Lia Capital.
o  Drawing (penarikan) atau Prive (personal).
b.    Perusahaan PT :
o  Stock / Share Holder’s Equity (modal pemegang saham) : Capital Stock / Share Capital / Share Ordinary (modal saham) dan Retained Earning (laba ditahan).
o  Dividend (laba yang dibagikan ke pemegang saham).
4.    REVENUE / INCOME (pendapatan) yaitu peningkatan ekuitas pemilik yang diakibatkan oleh proses penjualan barang/jasa kepada pembeli.
a.    Perusahaan jasa : Fees Income, Fares Earned, Service Revenue (umum).
b.    Perusahaan dagang : Sales.
5.    EXPENSE (Beban) yaitu aset/jasa yang digunakan dalam menghasilkan pendapatan. Terdiri dari: Supplies Expense, Rent Expense, Utilities Exp., Insurance Exp., Miscellaneous Exp., dll.
·      REAL ACCOUNT (akun riil) yaitu akun/perkiraan permanen yang terdiri dari assets, liabilities & equity, dilaporkan pada neraca (balance sheet) dan akan bertambah setiap tahunnya.
·      NOMINAL ACCOUNT (akun nominal) / Akun Sementara (temporary accounts) yaitu akun/ perkiraan sementara yang terdiri dari revenue & expense, dilaporkan pada laporan L/R (Income Statement) dan ditutup setiap 31 Desember melalui jurnal penutup, tidak diakumulasikan dari tahun ke tahun atau akun-akun yang hanya melaporkan jumlah-jumlah pada satu periode saja.

·      SIFAT PERKIRAAN
Assets
(+) D
(-) Cr
Liabilities
(+) Cr
(-) D
Equity
(+) Cr
(-) D
Revenue
(+) Cr
(-) D
Expense
(+) D
(-) Cr
·      LAPORAN KEUANGAN (Financial Statement), digunakan untuk mengevaluasi kondisi keuangan perusahaan saat ini & untuk memperkirakan hasil operasi serta arus kertas dimasa depan.
1.    Balance Sheet (Neraca) yaitu laporan yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan dengan  melaporkan daftar aset, kewajiban dan ekuitas pemilik pada periode tertentu, biasanya akhir bulan/akhir tahun. Bentuk neraca:
a.    Bentuk Akun (account form), menggambarkan format dasar dari persamaan akuntansi dimana aset ditempatkan disebelah kiri dan kewajiban & ekuitas pemilik disebelah kanan.
b.    Bentuk Laporan (report form), menempatkan kewajiban dan ekuitas pemilik dibawah aset atau mengurutkan pos-posnya ke bawah dalam tiga bagian.
2.    Income Statement (Laporan L/R) yaitu laporan yang melaporkan pendapatan (R) dan beban (E) selama periode waktu tertentu yang menunjukkan hasil usaha perusahaan berdasarkan konsep penandingan/pengaitan (matching concept).
o  Jika R > E maka laba bersih (net income/net profit) & meningkatkan ekuitas pemilik(modal).
o  Jika E > R maka rugi bersih (net loss) & menurunkan ekuitas pemilik (modal).
3.    Owner’s Equity Statement / Retained Earning Statement (Laporan Perubahan Modal / Laporan Ekuitas Pemilik) yaitu laporan yang melaporkan posisi perubahan ekuitas pemilik (modal) sebuah perusahaan yang terjadi selama periode waktu tertentu.
4.    Cash Flow Statement (Laporan Arus Kas) : menjelaskan jumlah kas bersih (cash inflow & cash outflow) perusahaan dalam satu periode tertentu. Terdiri dari 3 aktivitas perusahaan:
a.    Operating Activities (Aktivitas Operasi) : melaporkan ikhtisar penerimaan dan pembayaran kas yang menyangkut operasi perusahaan, seperti pembelian aset lancar (supplies, dll.).
b.    Investment Activities (Aktivitas Investasi) : melaporkan transaksi kas untuk pembelian atau penjualan aset tetap atau permanen.
c.    Financing Activities (Aktivitas Pendanaan) : melaporkan transaksi kas, berhubungan dengan investasi pemilik, peminjaman dana & pengambilan uang oleh pemilik. (terkait modal)
·      Pada pencatatan finansial perusahaan terdapat 2 tipe:
1.    SAK – ETAP : digunakan pada perusahaan yang memiliki aset masih dibawah ± 10 milyar, pencatatannya ditulis dalam Neraca (Balance Sheet).
o  Assets
Current Assets
Fixed Assets
o  Liabilities

o  Equity
2.    SAK – IFRS : digunakan oleh perusahaan yang memiliki aset puluran/ratusan milyar bahkan sampai mencapai trilyun, pencatatannya ditulis dalam Financial Position Statement.
o  Assets
Fixed Assets
Current Assets
o  Equity

o  Liabilities
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian!
Dilarang memberikan komentar SPAM, komentarlah yang postiv dan sesuai berita yang anda baca saat ini
Terima Kasih

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger