NGeBlogg Bareng Tedi Soepriyadi

Tempatnya Untuk Sharing Ilmu _ Selamat Membaca & Jangan Lupa Follow my Blogg di bawah !!
Home » , » LINGKUNGAN INFORMASI

LINGKUNGAN INFORMASI

Written By Unknown on Sabtu, 22 Februari 2014 | 18.57

1.  DATA adalah fakta/keterangan tentanng kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk teks (huruf, angka, simbol), citra/gambar, audio/suara ataupun video yang bisa digunakan sebagai bahan deskripsi tentang benda/obyek, kejadian, aktivitas.
2. INFORMASI adalah data yang sudah diproses/diolah sehingga mempunyai nilai bagi penerimanya dan dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan yang disampaikan melalui media kertas (hardcopy), tampilan (display) atau suara (audio).
3. Informasi beralih fungsi menjadi sumber daya yang sangat penting selain sumber daya yang lainnya, karena banyak keputusan strategis yang bergantung kepada informasi, serta Informasi merupakan salah satu sumber daya bisnis yang vital bagi kelangsungan hidup organisasi bisnis kontemporer, yang tidak hanya dipakai pihak internal tetapi juga oleh pihak eksternal organisasi. Jadi informasi sangat diperlukan banyak pihak untuk menunjang kinerjanya masing-masing.
4.   Perbedaan Data dengan Informasi :

Data
Informasi
·  Masih memerlukan proses pengolahan.
·  Belum bisa dijadikan acuan pengambilan keputusan.
·  Belum memiliki nilai guna.
·  Penerima data belum bisa melakukan suatu tindakan karena data belum mempunyai makna yang jelas.
·  Tidak mengandung makna.
·   Sudah melewati proses pengolahan.
·   Dapat menjadi acuan pengambilan keputusan.
·   Memiliki nilai guna bagi penerima.
·   Penerima informasi mendapat rangsangan untuk melakukan suatu tindakan.
·   Mengandung makna, penerima mendapat informasi untuk mengambil keputusan
5. Informasi Internal yaitu informasi yang dipakai oleh pihak yang berada di dalam organisasi meliputi staf operasi, manajemen tingkat bawah, menengah, atas.
Informasi Eksternal yaitu informasi yang dipakai oleh pihak yang berada di luar organisasi meliputi pelanggan, pemegang saham, pemasok, dinas pajak.
6.  Arus Informasi Internal yaitu interaksi antara manajer tingkat atas, menengah, bawah dengan staf operasional. Sedangkan Arus Informasi Eksternal yaitu interaksi antara pelanggan, pemasok, pemegang saham dengan pihak tataran operasional dan manajer perusahaan.
 
Kegiatan operasi bisnis membentuk dasar pyramida, aktivitas ini terdiri atas kerja organisasi yang berorientasi produk, seperti proses manufaktur, penjualan dan distribusi.
·      Manajemen tingkat bawah/operasi :  mengawasi & mengendalikan kegiatan operasi setiap hari.
·      Manajemen tingkat menengah : bertanggung jawab untuk perencanaan dan koordinasi aktivitas jangka pendek yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi.
·    Manajemen tingkat atas: merencanakan jangka panjang & menetapkan tujuan-tujuan organisasi.
7. SHARE HOLDER yaitu pemegang saham/modal yang merupakan bagian/anggota dari Stake Holder karena menjadi salah satu pihak yang berkepentingan dalam suatu perusahaan/bidang tertentu. STAKE HOLDER yaitu orang-orang/para pihak yang berkepentingan dibidang tertentu. Misal: Dekan, dosen, mahasiswa, cleaning service, tukang parkir, dll (di Kampus).
   Presiden, Menteri, DPR, rakyat (di Pemerintahan).
   Direktur, Manajer, Karyawan, Share Holder (di Perusahaan)
8.COST LEADER yaitu suatu perusahaan sejenis yang dapat menekan biaya operasional tanpa mengubah kualitas.
9. JUST IN CASE yaitu konsep penyediaan barang/stock yang sebanyak-banyaknya untuk mengatasi kekurangan stock saat ada permintaan yang tiba-tiba tanpa mempermasalahkan biaya. Merupakan konsep lama, konsep ini tidak efektif dan efisien karena tidak menghemat waktu, tempat, biaya.
JUST IN TIME yaitu konsep penyediaan barang/stock yang mampu memenuhi permintaan meskipun tidak mempunyai stock dengan cara menggunakan sistem informasi ke supplier. Merupakan konsep baru, konsep ini sangat efektif & efisien karena menghemat waktu, tempat, biaya. Selain menguntungkan perusahaan juga menguntungkan supplier dalam menjual produknya.

Lost of opportunity yaitu hilangnya kesempatan karena habisnya stok.

10.SISTEM yaitu sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi atau saling berhubungan/bekerjasama dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (Interlated) atau subsistem-subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (common purpose).
11.Suatu sistem disebut subsistem ketika dilihat kaitannya dengan sistem yang lebih besar dimana dia menjadi bagiannya, sebaliknya sebuah subsistem disebut sistem ketika ia menjadi fokus perhatian.
12.SUPER SISTEM yaitu sistem yang besar dimana didalamnya terdapat sistem-sistem lain yang lebih kecil (subsistem). Contoh: jika pemerintah Kabupaten disebut sistem maka pemerintah Provinsi berkedudukan sebagai super sistem.
13.SISTEM FISIK yaitu sistem yang menerima masukan dari lingkungan berupa sumber daya (5M= Man, Money, Material, Machine, Methode) dan melakukan proses transformasi yang bersifat materialistik yang menghasilkan keluaran berupa produk/jasa yang akan masuk ke lingkungan.
SISTEM KONSEPTUAL yaitu sistem yang berisi gagasan atau konsep yang menggunakan sumber daya berupa data dan informasi untuk mewakili sistem fisik, biasanya merupakan citra mental dari pikiran manajer.
14.Manajer disebut sebagai elemen pengendali dalam sistem, karena manajer merupakan suatu elemen yang bertugas menjaga sistem itu agar terus berjalan dan bergerak sampai mencapai tujuannya sehingga berbagai usaha pun diarahkan untuk membuat berbagai bagian perusahaan bekerja sama seperti seharusnya.
15. DEKOMPOSISI SISTEM adalah proses pembagian sistem menjadi bagian-bagian subsistem yang lebih kecil. Kegunaannya: untuk memaparkan, memandang dan memahami relasi diantara subsistem, serta untuk menyajikan keseluruhan sistem sebagai suatu hierarkhi dan memandang hubungan antara subsistem subordinat dengan subsistem yang lebih tinggi karena setiap subsistem subordinat melakukan satu atau lebih fungsi tertentu untuk membantu keseluruhan sistem tingkat yang lebih tinggi mencapai tujuannya.
16. Tiga elemen kontrol dalam sistem yaitu: Tujuan, Mekanisme Kontrol, Lingkaran Umpan Balik (Feed Back Loop).

17 OPEN LOOP SYSTEM (sistem lingkaran terbuka) yaitu suatu sistem yang tidak dapat mengatur operasinya sendiri & sistem tanpa 3 elemen kontrol (Tujuan, Mekanisme kontrol, Lingkaran umpan balik). CLOSE LOOP SYSTEM (sistem lingkaran tertutup) yaitu suatu sistem yang dapat mengatur operasinya sendiri & sistem dengan 3 elemen kontrol (T, M, L)
18. OPEN SYSTEM (sistem terbuka) adalah suatu sistem yang dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya. CLOSE SYSTEM (sistem tertutup) adalah suatu sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungannya, sistem yang tidak bertukar materi, informasi atau energi dengan lingkungan, sistem yang tidak berinteraksi/tidak dipengaruhi oleh lingkungan.
19.                  5M:
·   Man (Manusia)
·   Money (Uang)
·   Material (Bahan Baku Kerja)
·   Machine (Peralatan mesin)
·   Methode (Metode atau Prosedur Kerja)
Hubungan 5 M dengan Information : 5 M dan Information merupakan sumber daya yang digunakan untuk membentuk sistem bagi kelangsungan organisasi bisnis. Dimana keduanya saling keterkaitan, yaitu Information sebagai sumber daya sistem konseptual digunakan oleh manajer untuk mengelola 5 M sebagai sumber daya sistem fisik.
20.  Penyebab informasi disadari sebagai sumber daya organisasi yang perlu dikelola dengan baik:
a.    Semakin kompleksnya kegiatan bisnis dibanding sebelumnya, persaingan yang semakin tajam, proses bisnis yang berlangsung semakin cepat dengan menggunakan online marketing, pembayaran menggunakan online, dsb.
b.    Kemampuan komputer yang semakin baik, baik dari segi harga, kemampuan, maupun kemudahan penggunaannya, hal ini membuat semua pemrosesan informasi menjadi semakin mudah, cepat dan tepat disamping didukung oleh perkembangan teknologi pendukung lainnya seperti komunikasi dan jaringan komputer yang berlangsung pesat.
21. Cara meningkatkan sistem informasi agar tercapai efektifitas dan efisien kegiatan bisnis (kemampuan sistem informasi mendukung sasaran bisnis) :
·      Peningkatan produktivitas.
·      Pengurangan biaya.
·      Peningkatan pengambilan keputusan.
·      Peningkatan layanan ke pelanggan.
·      Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru.
22.   Mc Leod mengemukakan 2 alasan dalam hal peningkatan penggunaan sistem informasi:
a.    Kegiatan bisnis yang semabkin rumit.
b.    Komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik.
23.  Beberapa faktor yang mempengaruhi  bisnis pada masa sekarang :
·      Pengaruh ekonomi internasional dan persaingan dunia.
·      Perkembangan teknologi.
·   Batas waktu yang semakin singkat.
·   Kendala sosial.
24.  Interaksi Sistem Informasi & Teknologi Informasi dengan 5 komponen penting dalam perusahaan:
25.   Kemampuan utama Sistem Informasi:
·      Melaksanakan komputasi numerik, bervolume besar dan dengan kecepatan tinggi.
·      Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat.
·      Menyimpan informasi dalam jumlah yg sangat besar dalam ruang yg kecil tetapi mudah diakses.
·      Memungkinkan pengaksesan informasi yg sangat banyak diseluruh dunia dengan cepat&murah.
·      Meningkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi.
·      Menyajikan informasi dengan jelas yang menggugah pikiran manusia.
·      Mengotomasikan proses-proses bisnis yang semi otomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual.
·      Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.
·      Pembiayaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual.
26.              Langkah-langkah dalam tahap perencanaan:
a.    Menetapkan tujuan/serangkaian tujuan.
b.    Merumuskan keadaan saat ini.
c.    Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan.
d.    Mengembangkan rencana/serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan.
27.  Lingkungan Eksternal dalam sistem informasi yaitu lingkungan informasi yang berada diluar organisasi seperti pelanggan, pemegang saham, pemasok, dinas pajak, dll.
28.               4 peranan penting sistem informasi dalam organisasi (Alter, 1992):
a.    Berpartisipasi dalam pelaksanaan tugas-tugas.
b.    Mengaitkan perencanaan, pengerjaan dan pengendalian dalam sebuah subsistem.
1)   Perencanaan (Planning) adalah proses untuk memutuskan hal-hal yang akan dikerjakan serta keluaran yang dihasilkan.
2)   Pengerjaan (Executing) adalah proses melakukan pekerjaan.
3)   Pengendalian (Controlling) adalah proses untuk menggunakan informasi tentang kinerja masa lalu untuk meyakinkan tujuan agar tercapai.
c.    Mengkoordinasikan subsistem-subsistem.
d.    Mengintegrasikan subsistem-subsistem.
29.              Peranan Sistem Informasi dalam lingkup bisnis:
a.    Mendukung operasi bisnis.
b.    Mendukung pengambilam keputusan manajerial.
c.    Mendukung keunggulan strategis.
d.    Memanfaatkan e-business untuk membuka data pada sistem informasi mereka agar perusahaan dapat berbagi informasi dengan konsumen, rekan bisnis dan supplier, serta dapat bertransaksi secara elektronik dengan memanfaatkan internet.
30.  Dampak negatif dari sistem informasi bagi kegiatan bisnis:
Perusahaan pesaing dapat menggunakan informasi untuk mengetahui kelemahan dan strategi dalam menghadapi perusahaan saingannya.
31.              Sistem Pendukung yang Mendukung Kelangsungan Sistem Informasi:
·      Sistem reservasi pesawat terbang: digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan/pembelian tiket. (cara kerja sistem informasi dalam perusahaan jasa penerbangan)
·      Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan.
·      Sistem Biometrik yaitu sistem keamanan yang dapat mencegah orang yang tidak berwenang memasuki fasilitas-fasilitas rahasia atau mengakses informasi yang bersifat rahasia dengan cara menganalisa sidik jari atau retina mata.
·      Sistem POS (Point Of Sales) yaitu sistem yang diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data.
·      Sistem Telemetri yaitu pemantauan jarak jauh yang menggunakan teknologi radio. Contoh: untuk mendapatkan suhu lingkungan pada gunung berapi atau memantau getaran pilar jembatan rel kereta api.
·      Sistem berbasis Smart Card yaitu sistem berbasis kartu cerdas yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke Rumah sakit karena didalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien.
·      Sistem yang dipasang pada tempat-tempat publik yang memungkinkan seseorang mendapatkan informasi seperti hotel, tempat pariwisata, pertokoan, dll.
·      Sistem layanan akademis berbasis Web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data akademis/bahkan dapat mendaftarkan mata kuliah-mata kuliah yg diambil pada semester baru.
·      Sistem petukaran data elektronis yang memungkinkan pertukaran dokumen antar perusahaan secara elektronis dan data yang terkandung dalam dokumen dapat diproses secara langsung oleh komputer.
·      E-government atau sistem informasi layanan pemerintah yang berbasis Internet.
32.              Pengertian Sistem Informasi:
Sistem Informasi yaitu sistem yang mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses (data menjadi informasi) dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan.
·      ALTER (1992) : Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan organisasi.
·      BODNAR & HOPWOOD (1993) : Sistem Informasi adalah kumpulan perangkat keras dan lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
·      HALL (2001) : Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai.
·      GELINAS, ORAM & WIGGINS (1990) : Sistem Informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan  dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada pemakai.
·      TURBAN, MCLEAN & WETHERBE (1999) : Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.
·      WILKINSON (1992) : Sistem Informasi adalah kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.
33.              Pengetian Teknologi Informasi:
·      Kamus Oxford (1995) : Teknologi Informasi adalah Studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan  dan gambar.
·      ALTER (1992) : Teknologi Informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
·      LUCAS (2000) : Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.
34.              Haag dkk. membagi Teknologi Informasi menjadi 6 kelompok yaitu :
a.    Teknologi Masukan (Input Technology) adalah segala perangkat yang digunakan untuk menangkap data/informasi dari sumber asalnya. Contoh: barcode scanner dan keyboard.
b.    Teknologi Keluaran (Output Technology) adalah segala perangkat yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari monitor. Contoh: printer.
c.    Teknologi Perangkat Lunak (Software Technology) adalah sekumpulan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras komputer. Contoh: Word processor.
d.    Teknologi Penyimpanan (Storage Technology) adalah segala peralatan yang digunakan untuk menuimpan data. Contoh: hardisk, disket.
e.    Teknologi Telekomunikasi (Telecommunication Technology) adalah teknologi yang memungkinkan hubungan jarak jauh. Contoh: Internet, ATM.
f.     Mesin Pemroses (Processing Machine)/CPU adalah bagian terpeting yang berfungsi untuk mengikat data/program (berupa komponen memori) dan mengeksekusi program (berupa komponen CPU).
35.              Makna pernyataan “Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dapat Mengurangi Biaya Proses Bisnis Secara Mendasar” yaitu dengan Teknologi Informasi berbagai kemudahan dapat dirasakan oleh manusia dalam halpenggunaan biaya operasional seperti transaksi melalui Internet (e-commerce), transfer uang (e-banking) yang dapat dilakukan dirumah sehingga biaya untuk transportasi dll. tidak terpakai. Jadi Teknologi Informasi berpengaruh terhadap biaya dalam bisnis.
36.              Peranan Teknologi Informasi :
a.    TI menggantikan peran manusia, yakni melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
b.    TI memperkuat peran manusia, yakni menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses.
c.    Teknologi Informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia, dalam hal ini teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas/proses.
37.              TI dapat membentuk strategi menuju KEUNGGULAN KOMPETITIF (O’Brien, 1996) :
·      Strategi BIAYA : Meminimalisir  biaya atau memberikan harga yang lebih murah terhadap pelanggan, menurunkan biaya dari pemasok, atau meningkatkan biaya pesaing untuk tetap bertahan di industri.
·      Strategi DIFFERENSIASI : Mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan terhadap pesaing sehingga pelanggan menggunakan produk/jasa karena adanya manfaat /fitur unik.
·      Strategi INOVASI : Memperkenalkan produk/jasa yang unik atau membuat perubahan yang radikal dalam proses bisnis yang menyebabkan perubahan-perubahan yang mendasar dalam pengelolaan bisnis.
·      Strategi PERTUMBUHAN : Mengembangkan kapasitas produksi secara signifikan, melakukan ekspansi ke dalam pemasaran global, melakukan diversifikasi produk/jasa baru, atau mengintegrasikan ke dalam produk/jasa yang terkait.
·      Strategi ALIANSI : Membentuk hubungan dan aliansi bisnis yang baru dengan pelanggan, pemasok, pesaing, konsultan, dll.
38.              DIFFERENSIASI yaitu hal yang membedakan/strategi yang berbeda dengan perusahaan saingan sehingga mempunyai ciri khas tersendiri dan memenangkan persaingan pasar.
DIFERSIFIKASI yaitu usaha peningkatan mutu dengan menambah jenis produksi.
Contoh: selain menjual roti ditambah juga menjual selai. 
39.              Kecenderungan teknologi terhadap sistem informasi:
·      Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik.
·      Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak.
·      Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat.
·      Konektivitas semakin meningkat.
·      Kemudahan pemakaian meningkat.
·      Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut.
40.               4 Pilar Sistem Informasi:
a.    TECHNOWARE adalah obyek yang mencakup fasilitas fisik seperti mesin dan peralatan yang dapat meningkatkan kekuatan fisik manusia dan mengontrol jalannya operasi.
b.    HUMANWARE adalah kemampuan manusia seperti keterampilan, pengetahuan, keahlian dan kreativitas yang berperan untuk mewujudkan kegunaan Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Teknologi yang tersedia untuk tujuan produktif.
c.    INFOWARE adalah kumpulan dokumen fakta seperti design, spesifikasi, blue print, manual operasi, pemeliharaan dan perbaikan yang berfungsi untuk mempercepat proses belajar serta menghemat sumber daya dan waktu.
d.    ORGANIWARE adalah lembaga atau institusi yang mengkoordinasikan seluruh aktivitas produktif perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi seperti jaringan kerja, grouping, linkages dan teknik-teknik pengorganisasian.
41.              Cara Mengkoordinasikan Infoware, Technoware & Humanware agar Proses Transformasi dapat Berlangsung Efisien: Technoware yang terdiri dari Hardware dan Software merupakan inti dari proses transformasi. Technoware dikembangkan, diinstal dan dibangun oleh Humanware dengan menggunakan Infoware yang telah terkumpul sebelumnya. Humanware menyebabkan technoware menjadi lebih produktif dengan Infoware yang mempresentasikan ilmu pengetahuan yang sedang berkembang. Selanjutnya organiware mengkoordinasikan Infoware, Humanware dan Technoware dalam suatu proses transformasi agar proses berlangsung dengan efisien.
42.              Komponen Sistem Informasi:
·      Jaringan Komputer dan Komunikasi Data : Sistem Penghubung yang memungkinkan sumber (Resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.
· Perangkat Keras (Hardware): Mencakup peranti -peranti fisik seperti komputer dan printer.
· Perangkat lunak (Software)/Program: kumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
· Prosedur : Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
· Orang : Semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi,pemro- sesan & penggunaan keluaran sistem Informasi.
· Basis Data (Data Base) : sekumpulan Tabel, hubungan, dll. yang berkaitan dengan penyim- panan data.
43.              Fungsi sistem informasi terhadap organisasi:
a.    Meningkatkan aksebilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai tanpa mengharuskan adanya perantara sistem. (AKSEBILITAS adalah derajat kemudahan yang dicapai oleh seseorang terhadap suatu objek, pelayanan atau lingkkungan. Maksudnya sistem informasi harus mudah dipahami dan dimanfaatkan)
b.    Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
c.    Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
d.    Mengidentifikasi kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
e.    Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
f.     Mengantisipasi & memahami konsekuensi ekonomis dari sistem informasi & tekonolgi baru.
g.    Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan system.
h.    Organisasi menggunakan sistem informasi untuk mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
i.      Digunakan oleh bank untuk mengolah transaksi keuangan yang terjadi.
44.              Tujuan Pembangunan Sistem Informasi (tujuan dibangunnya sistem):
a.    Untuk mendukung fungsi kepengurusan manajemen.
b.    Untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen.
c.    Untuk mendukung kegiatan operasi perusahaan.
45.              Manfaat Sistem Informasi :
a.    Dapat memberikan masukan pada setiap individu.
b.    Dapat menambah pengetahuan supaya memberikan hasil yang lebih baik.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian!
Dilarang memberikan komentar SPAM, komentarlah yang postiv dan sesuai berita yang anda baca saat ini
Terima Kasih

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. TS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger